Tanfidzul quran pada anak usia dini
Pentingnya membaca al quran

By Admin 01 Jul 2023, 16:58:40 WIB Murid SD Al Fatah
Tanfidzul quran pada anak usia dini

Gambar : Kegiatan menghafal alquran yang dengan pendampingan dari JQH (jamiyah quro` wal hufadz)


Pada awal perkembangan anak adalah masa yang sangat penting, jika anak pada masanya sudah ditanami agama serta mencintai al-Quran sejak dini maka besarnya akan menjadi anak yang berpikir cerdas, daya hafal yang kuat dan dapat mengamalkan kandungan al-Quran. Dengan itu akan terbentuk insan yang berakhlakul karimah. Pendidikan agama bagi seorang anak merupakan hal yang penting karena bekal bagi kehidupan mereka nantinya. Al-Quran merupakan kitab umat islam dimana anak harus bisa membaca dan mempelajarinya.

Di antara  pelajaran yang terkait dengan mempelajari Al Qur’an adalah Pendidikan Tahfiz Anak Usia Dini. Tahfizh Al Qur’an merupakan pelajaran  termudah bagi anak-anak. Sebab  program Tahfizhul Qur’an teknik belajarnya sederhana. Cukup dengan mendengar dan mengucapkan secara berulang, baik itu mendengar bacaan kita sendiri ataupun mendengar bacaan orang lain. Yang terpenting bacaan yang didengar tersebut adalah bacaan yang benar, supaya hafalan Al Qur’annya juga benar. Semakin intensif anak-anak mendengar bacaan Al Qur’an setiap harinya, secara konsisten dan kontinu,  maka hafalan Al Qur’annya  akan semakin mudah dan semakin cepat. Sehingga tidak mustahil anak-anak bisa hafal Al Qur’an 30 juz sebelum mereka beranjak dewasa. 

Sekolah Dasar Unggulan Al fatah menyajikan program pembiasaan mendengar dan menghafalkan Al Quran di setiap pagi sebelum melakukan rangkaian aktifitas pembelajaran ilmu pengetahuan umum dengan harapan mendorong siswa untuk menghafal lebih cepat dan siap dalam kehidupan islami. 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment